Upaya mengatasi krisiss ekonomi melalui pembelajaran DCU

By | September 25, 2009

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Inovasi Dan Perubahan
Dosen : MUH. ROSYID, S.Pd. M.M.Pd.

Disusun oleh :
Nama : Iyus Gunawan
NIM : 070055499
Semester : IV (Empat)
E-mail :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )
PUTRA BANGSA
PROGRAM STUDY MANAJEMEN ( S 1 )
KEBUMEN
2009

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah saya panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT.atas rahmat dan hidayahnya sehingga saya masih diberi kesempatan dan kesehatan yang saya terima,sehingga saya dapat menyelesaikan pembuatan makalah perorangan ini.guna untuk memenuhi tugas manajemen perubahan dan inovasi.
Adapun penulisan makalah ini banyak mengalami kekurangan ataupun kesalahan saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari dosa.
Semoga makalah ini berguna bagi saya sendiri maupun para pembaca pada umumnya.

UPAYA MENGATASI KRISIS EKONOMI
MELALUI PEMBELAJARAN DANAMON CORCORATE UNIVERSITY (DCU)

BAB I. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Dalam menyambut tahun 2010 kita harus memutar otak dan menguras tenaga untuk menyiasati krisis ekonomi global yang sedang terjadi. Perusahaan-perusahaan Internasional terkemuka seperti : Citibank, Xerox, Ford, LG, Ferrari, Yahoo, Nokia, Apple pula tak elak dari krisis. Menyikapi krisis banyak cara yang dilakukan sebagai exit strategi. Cara-cara tersebut cenderung inovatif ( untuk tidak menyebut “ asing” dan “sulit” ), sehingga munkin kita tidak dapat mengerjakan tugas sehari-hari senyaman biasanya. Tapi salah satu hal yang perlu diingat : jangan sampai kita “membeku” seiring dibekukannya budget. Oleh karena itu faktor-faktor perangsang sukses dari zaman ke zaman tidak pernah berubah dan faktor tersebut adalah nilai-nilai dasar yang harus jadi kelakuan internal tiap manusia, yaitu : kerja keras, kejujuran, keberanian, keadilan, toleransi, keingintahuan, kesetiaan dan patriotisme.
B. RUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah yang akan diambil adalah “ Bagaimana cara mengatasi krisis ekonomi dengan menggunakan strategi Danamon Corporate University (DCU) ?
C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Mampu mengatahui tentang pembelajaran Danamon Corporate University (DCU).
2. Mampu mengatasi krisis ekonomi dengan melakukan reposisi ulang terhadap Danamon Corporate University (DCU)
D. METODE PENELITIAN
Metode penulisan laoporan ini dadalah dengan menggunakan refrensi studi literature dari majalah browring dari internet.

E. MANFAAT PENULISAN
1. Bagi Pimpinan
Dapat menunjukan adanya harapan dan kepercayaan tinggi bahwa perusahaan akan berhasil.
2. Bagi Perusahaan
Dapat mengedepankan pembelajaran dan sebagai salah satu strategi untuk mengatasi krisis ekonomi.

BAB II. TINJAUAN TEORI

A. PEMBELAJARAN YANG DIBERIKAN DANAMON CORPERATE UNIVERSITY (DCU)
Danamon Coporate University (DCU) adalah suatu perubahan sekaligus mesin bagi agen-agen perubahan di Danamon. DCU juga semakin terkonsolidasi, semakin kuat dan fokus. Dengan ini pembelajaran yang diberikan DCU dapat lebih banyak membantu menempatkan orang-orang yang tepat diposisi yang tepat.
Ada beberapa karakteristik yang menjadi haling rintang bagi perkembangan tidak hanya di DCU, tapi juga Danamon secara keseluruhan antara lain :
1. Desentralisasi (mengingat Danamon adalah suatu organisasi yang amat besar)
2. Sila Mentality (suatu mentalitas dimana komunikasi berlangsung terlalu vertical dan tertutup. Informasi terkadang hanya menempel disatu orang atau seseorang manager sehingga terjadi kegagalan pembagian informasi yang dibutuhkan. Informasi terkadang “ tidak tersedia ” padahal permasalahannya hanyalah kerumitan proses mencari orang yang “ menjaga “ informasi tersebut).
B. KRISIS EKONOMI DENGAN MELAKUKAN REPOSISI ULANG TERHADAP DCU.
Krisis adalah waktu terbaik untuk melakukan reposisi ulang terhadap DCU. Terutama dalam dua hal yaitu :
1. Bagaimana kita dapat mencari lokasi training yang lebih murah membuang yang tidak perlu, tidak bergantung pada vendor, namun tetap membuat learning produktif.
2. Mendorong lebih bayak komunikasi baik formal maupun informal dengan diskusi atau tukar pikiran. Jika kita melakukakan sharing kita akan belajar dua kali komunikasi yang dilakukan perlu memberikan keyakinan bahwa kita akan dapat menghadapi semuanya, dengan cara-cara yang lebih cost-effeactive dan solusi pembelajaran yang lebih baik.
BAB III. KESIMPULAN

Danamon Coporate University (DCU) memberikan upaya untuk mengatasi krisis ekonomi karena DCU telah menjadi agen perubahan dalam area pembelajaran dengan terobosan-terobosan dan inisiatif ditahun 2010 yang antara lain adalah menghadapi krisis dengan inovasi, berkonsentrasi dipengembangan kurukulum, melakukan pemberdayaan daerah dan memberdayakan program leader as teachers baik kepublik internal sebagai fasilitas pembelajaran yang dilakukan Danamon maupun public eksternal sebagai konstribusi perusahaan dalam pengembangan masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *