TUTORIAL PERDANA MAHASISWA BARU UT-UPBJJ PURWOKERTO DI KEBUMEN 2010.2

By | Oktober 9, 2010
Disampaikan kepada seluruh Mahasiswa Baru UT-UPBJJ Purwokerto di Kebumen bahwa pada hari Minggu, 10 Oktober 2010, bertempat di Aula Dinas DIKPORA Kabupaten Kebumen akan dilaksanakan TUTORIAL PERDANA MAHASISWA BARU UT-UPBJJ PURWOKERTO DI KEBUMEN 2010.2 untuk itu kepada semua Mahasiswa Baru Program S1 PGSD dan S1 PGPAUD harap hadir tepat waktu pada pukul 07.00 WIB dengan seragam atas putih bawah hitam dan berdasi.
Sekilas Info pada acara pembukaan nanti akan disampaikan hal-hal sebagai berikut:


Undangan telah disampaikan Kepada Yth. :

1. Kepala UPBJJ – UT Purwokerto beserta Staf;

2. Bupati Kebumen Bp. H. BUYAR WINARSO,SE;

3. Wakil Bupati Kebumen Ibu DJUWARNI, A.Md.Pd;

4. Sekretaris Daerah Kab.Kebumen Bp. SUROSO,SH;

5. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kab.Kebumen;

6. Kepala Dinas DIKPORA Kab.Kebumen;

7. Kabid Administrasi Tenaga Pendidik dan Non Kependidikan;

8. Kabid TK dan SD, Dinas Dikpora Kab.Kebumen;

9. Kasi Pengembangan Pendidikan TK/SD, Dinas Dikpora Kab.Kebumen;

10. Kasi ATENDIK TK/SD, Dinas DIKPORA Kab.Kebumen;

11. Kasi ATENDIK SMP/SMA/SMK, Dinas DIKPORA Kab.Kebumen;

12. Kasi Administrasi Tenaga Non Kependidikan

13. Kepala UPT Dinas DIKPORA Unit Kecamatan se- Kab. Kebumen;

14. Para Tutor dan Semua Mahasiswa Baru S1 PAUD dan S1 PGSD, masa registrasi 2010.2.

Berdasarkan Undang – undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, persyaratan kualifikasi akademik bagi guru adalah S1/D4 yang dibuktikan dengan ijasah sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan formal di tempat penugasan. Persyaratan kompetensi guru mencakup penguasaan kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, dan sosial yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui sertifikasi. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik bagi guru.

Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru yang dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru. Guru yang telah lulus uji sertifikasi akan diberikan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Tunjangan tersebut berlaku baik bagi guru PNS maupun non PNS (Guru Tetap Yayasan), dengan harapan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan.

Peningkatan kualitas guru merupakan salah satu bentuk upaya dari pembangunan nasional, khususnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) strategi yang sangat tepat untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi bagi para Guru. Komitmen pemerintah saat ini, baik pemerintah Pusat / Provinsi / Kabupaten dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), telah dilakukan dengan berbagai macam cara, di antaranya dengan pemberian beasiswa bagi guru yang melanjutkan studi lanjut ke jenjang S.1, pemberian tunjangan fungsional, pemberian bantuan kesra dan tunjangan profesi pendidik.

Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas DIKPORA bekerjasama dengan Universitas Terbuka Unit Pembelajaran Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Purwokerto. menyelenggarakan Program Studi S.1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S.1 PG PAUD yang bertujuan untuk memberikan peluang kepada Guru TK/SD guna mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri menjadi Guru TK/SD yang handal dan profesional dengan kualifikasi Sarjana, guna memenuhi persyaratan sertifikat profesi pendidik.

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menggunakan sistem belajar jarak jauh, yaitu system belajar yang diselenggarakan secara mandiri dimana mahasiswa tidak bertatap muka atau bertemu langsung dengan dosen sebagaimana pembelajaran tatap muka.

Tutorial sebagimana yang dimaksudkan dalam sistem belajar jarak jauh adalah suatu proses pemberian bantuan dan bimbingan belajar dari seseorang kepada orang lain, dimana dengan melalui tutorial, peran tutor akan dapat memberikan umpan balik kepada mahasiswa, memberikan pengajaran baik secara tatap muka maupun melalui alat komunikasi lainnya, dan memberikan dukungan dan bimbingan termasuk motivasi mahasiswa dalam menyumbangkan ketrampilan belajarnya.

Guru sebagai Pendidik Profesional, dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana / Diploma IV ( S.1 / D.IV ) yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran.

Pemenuhan persyaratan kualifikasi akademik minimal mengingat salah satu tugas yang diberikan Pemerintah kepada Universitas Terbuka adalah melaksanakan pendidikan dalam jabatan bagi Guru untuk meningkatkan kualifikasi mereka ke jenjang S.1 PGSD/ S.1 PAUD, Penugasan dari Pemerintah tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Ditjen Dikti nomor : 489/D/T/2002 jo SK Ditjen Dikti nomor : 42/DIKTI/Kep/2004.

Tutorial perdana merupakan kegiatan awal program untuk mengarahkan dan memberikan bimbingan belajar yang dikembangkan oleh Universitas Terbuka kepada mahasiswa yang bertujuan untuk memicu dan memacu proses belajar mandiri mahasiswa. Melalui Tutorial Perdana ini diharapkan terjadi proses transformasi nilai-nilai keilmuan dan teknik-teknik pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat memahami materi bahan ajar dengan baik sehingga dapat menerapkannya pada saat mengajar di sekolah masing-masing.

Persyaratan mengikuti Program Studi S.1 PGSD dan S.1 PG PAUD adalah:

1. Guru / Kepala Sekolah yang sudah berstatus sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan GTY;

2. Guru yang telah mempunyai pengalaman praktek mengajar minimal 1 (satu) tahun;

Jumlah Mahasiswa Baru S.1 PGSD-UT , masa registrasi 2010.2 sebanyak 338 Mahasiswa, dengan perincian sebagai berikut :

1. Program studi S.1 PAUD, 4 Pokjar, jumlah 95 Mahasiswa, terdiri dari :

Semester 6 (1 pokjar)

Semester 1 (3 Pokjar)..

2. Program studi S.1 PGSD, 10 Pokjar, jumlah 243 Mahasiswa, terdiri dari :

Semester 1 (1 Pokjar)

Semester 6 (9 Pokjar).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *