Teori-teori Etika

By | Maret 19, 2013

Bab 1 Teori-teori Etika
Oleh : Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.
Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen
(
ETIKA BISNIS: DR. A. SONNY KERAF)
Setelah mempelarari bab ini, Anda diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan Pengertian Etika.
2.      Menjelasan Tiga Norma Umum Etika.
3.      Menjelaskan Teori Etika Deontologi
4.      Menjelaskan Teori Etika Teleologi.
Teori-teori Etika
  1. Pengertian Etika  
    1. Adat-istiadat atau kbiasaan hidup yang baik pada diri seorang,  kelompok maupun masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai, tatacara hidup yang baik, aturan hidup yang baik, dan segala kebiasaan yang dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang lain, dari satu generasi ke generasi lain.
    1. Filsafat moral atau ilmu yang membahas dan mengkaji nilai dan norma yang diberikan oleh moralitas dan etika dalam pengertian lebih normatif dan lebih mengikat pada setiap pribadi manusia.
  1. Tiga Norma Umum Etika
    1. Norma Sopan-santun / Norma Etika: norma yang mengantur pola perilaku dan sikap lahiriyah manusia, misalnya: menyangkut sikap perilaku seperti bertamu, makan dan minum, duduk, berpakaian dll.
    1. Norma Hukum: norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarakat karea dianggap perlu dan niscaya demi keselamatan dan kesejahteraan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
    1. Norma Moral: yaitu aturan mengenai sikap dan perilaku manusia yang menyangkut aturan tentang baik-buruknya, adil tidaknya tindakan dan perilaku manusia sejauh ia dilihat sebagai manusia.
  1. Dua Teori Etika
a.         Etika Deontologi
Menekankan kewajiban manusia untuk bertindak secara baik, tindakan itu baik bukan dinilai dan dibenarkan berdasarkan akibat atau tujuan baik dari tindakan itu, melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri.
Menekankan motivasi, kemauan baik dan watak yang kuat dari pelaku.
Tiga prinsip Etika Deontologi yang harus dipenuhi:
1)      Supaya suatu tindakan punya nilai moral, tindakan itu harus dijalankan berdasarkan kewajiban.
2)      Nilai moral dari tindakan itu tidak bergantung pada tercapaianya tujuan dari tindakan itu, melainkan bergantung pada kemauan baik yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan-tindakan itu – berarti  walaupun tujuan tidak tercapai, tindakan itu sudah dinlai baik.
3)      Sebagai konsekuensi dari kedua prinsip itu, kewajiban adalah hal yang niscaya dari tindakan yang dilakukan berdasarkan sikap hormat pada hukum moral universal.
Dua kesulitan pada teori deontologi:
a)      Bagaimana jadinya apabila seseorang dihadapkan pada dua perintah atau kewajiban moral dalam suatu situasi yang sama tetapi keduaya tidak bisa dilaksanakan sekaligus, bahkan keduanya saling meniadakan.
b)      Bertindaklah sedemikian rupa sehingga Anda selalu memperlakukan manusia, entah dalam dirimu sendiri atau pada orang lain, tidak sebagai alat, melainkan sebagai tujuan pada dirinya sendiri.
b.        Etika Teleologi
Mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu, atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu. Suatu tindakan dinilai baik, kalau bertujuan mencapai sesuatu yang baik, atau akibat yang ditimbulkannya baik dan berguna.
Etika Teleologi lebih situasional, karena tujuan dan akibat bisa sangat bergantung pada situasi khusus.
Dua aliran Etika Teleologi:
1)      Egoisme etis
2)      Utilitarianisme (akan dibahas khusus)
Inti pandangan egoiseme adalah bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar kepentingan pribadi dan memajukan dirinya sendiri. Karena itu satu-satunya tujuan tindakan moral setiap orang adalah mengejar kepentingan pribadi dan memajukan dirinya.
Tugas Anda pada bab ini:
1.      Jelaskan Pengertian Etika!
2.      Jelasan Tiga Norma Umum Etika!
3.      Jelaskan Teori Etika Deontologi!
4.      Jelaskan Teori Etika Teleologi!
Kunjungi kami
            gamespedia.org                                           onlyfor.info                                                    
                      tourismbestplace.com
                            filepython.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *