Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

By | Mei 14, 2013


Bab 6 Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Oleh : Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.
Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen
(
ETIKA BISNIS: DR. A. SONNY KERAF)
Setelah mempelarari bab ini, Anda diharapkan mampu :
  1. Menyebutkan Syarat bagi Tanggung Jawab Moral;
  2. Menjelaskan Status Perusahaan;
  3. Menjelaskan Lingkup Tanggung Jawab Sosial;
  4. Menjelaskan Argumen yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan;
  5. Menjelaskan Argumen yang Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan;
  6. Mengimplementasikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Apakah memang perusahaan punya tanggung jawab moral dan sosial?
Manakah tanggung jawab itu?
Bagaimana tanggung jawab sosial perusahaan itu dilaksanakan?
Bisnis bukan sebuah pekerjaan yang kotor,  penuh intrik, penuh tipu daya, egoistis, melainkan adalah sebuah profesi yang membaggakan dan didambakan begitu banyak orang.
  1. Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
a.       Mengandaikan bahwa suatu tindakan dilakukan dengan sadar dan tahu. Tanggung jawab hanya bisa dituntut kalao ia bertindak dengan sadar dan tahu mengenai tindakannya serta konsekuen dari tindakannya.
b.      Tanggung jawab yang mengadaikan adanya kebebasan bahwa tindakan itu dilakukan secara bebas bukan dalam keadaan dipaksa atau terpaksa, secara moral ia tidak bisa dituntut bertanggung jawab atas tindakanya itu.
c.       Tanggung jawab yang mensyaratkan bahwa orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu, kecuali kalau masih ada alternatif lain baginya untuk bertindak secara lain dalam keadaan terpaksa.
  1. Status Perusahaan
Perusahaan adalah sebuah badan hukum yang artinya perusahaan dibentuk berdasarkan hukum tertentu dan disahkan dengan hukum atau aturan legal tetentu, sehingga keberadaannya dijamin dan sah menurut hukum tertentu.
Sebagai badan hukum perusahaan mempunyai hak-hak legal tetentu sebagaimana dimiliki oleh manusia, tetapi tidak dengan sendirinya perusahaan mempunyai hak dan kewajiban moral.
Ada dua macam pandangan status perusahaan:
a.       Pandangan legal-creator  yang melihat perusahaan sebagai sepenuhnya ciptaan hukum dan karena itu adanya hanya berdasarkan hukum. Perusahaan diciptakan oleh negara dan tidak mungkin ada tanpa negara.
b.      Pandangan legal-recognition yang tidak memusatkan perhatian pada status legal perusahaan melainkan sebagai suatu usaha bebas dan produktif. Perusahaan tidak dibentuk oleh negara, negara hanya mendaftarkan, mengakui dan mensahkan perusahaan itu berdasarkan hukum tertentu.
Tidak benar bahwa perusahaan hanya punya tanggung jawab legal:
a.       Perusahaan adalah pribadi artifisial yang terdiri dari manusia jadi perusahaan bukan benda mati dan bukan binatang aneh, melainkan suatu lembaga atau organisasi manusia yang kegiatannya diputuskan, direncanakan dan dijalankan oleh manusia dengan aktifitasnya.
b.      Tanggung jawab moral dan sosial tidak bisa diwakilkan dan diwakili oleh rang lain karena bersifat pribadi dan karena itu hanya orang yang bersangkutan yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
c.       Tanggung jawab legal tidak bisa dipisahkan dari tanggung jawab moral, karena tanggung jawab legal hanya mungkin dijalankan secara serius kalau ada sikap moral untuk bertanggung jawab. Bagaianapun perusahaan tetap punya tanggung jawab moral dan sosial.
  1. Lingkup Tanggung Jawab Sosial
*      Tanggung jawab sosial menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kepentingan pihak-pihak lain secara lebih luas dari pada sekedar kepentingan perusahaan belaka.
*      Dengan konsep tanggung jawab sosial dan moral perusahaan harus bertanggung jawab atas tindakan dan bisnisnya yang mempunyai pengaruh atas orang-orang tertentu.
*      Perusahaan sebagai bagian dari masyarakat yang lebih luas, perlu ikut memikirkandan menyumbangkan sesuatu yang berguna bagi kepentingan hidup bersama dalam masyarakat sebagaimana manusia membutuh orang lain.
*      Empat bidang yang dianggap dan diterima sebagai tanggung jawab sosial perusahaan:
a.       Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas yang terwujud dalam bentuk ikut melakukan kegiatan tertentu yang berguna bagi masyarakat.
b.      Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan-kegiatan sosial secara tradisional dianggap sebagai wujud paling pokok, bahkan satu-satunya dari apa yang disebut sebagai tanggung jawab perusahaan.
c.       Lingkup tangung jawab sosial perusahaan yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi aturan hukum yang berlaku dalam suatu masyarakat, baik tentang bisnis maupun tentang sosial pada umumnya.
d.      Hormat pada hak dan kepentingan stakeholder atau pihak-pihak terkait yang punya kepentingan langsung atau tidak langsung dengan kegiatan bisnis suatu perusahaan.
  1. Argumen yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan:
    1. Tujuan Utama Bisnis adalah Mengejar Keuntungan Sebesar-bsarnya
Bagaimana mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya dan seefisien mungkin, karena itu keberhasilan suatu bisnis tidak diukur berdasarkan keterlibatan sosialnya, melainkan berdasarkan kinerja ekonomisnya terutama faktor efisiensi ekonomis.
    1. Tujuan yang Terbagi-bagi dan Harapan yang Membingungkan
Keterlibatan sosial sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan akan menimbulkan minat dan perhatian yang bermacam ragam yang pada akhirnya akan mengalihkan bahkan mengacaukan perhatian para pimpinan perusahaan.
    1. Biaya Keterlibatan Ssosial
Keterlibatan sosial sebagai wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan malah dianggap memberatkan masyarakat, karena biaya yang digunakan untuk keterlibatan sosial perusahaan itu bukan biaya yang disediakan oleh perusahaan, melainkan biaya yang telah diperhitungkan dalam harga barang.
    1. Kurangnya Tenaga Terampil di Bidang Kegiatan Sosial
Keterlibatan perusahaan dalam berbagai kegiatan sosial adalah kegiatan yang lebih bernuansa moral, kreatif dan sosial. Padahal para profesional bisnis tidak trampil sehingga dalam berbagai kegiatan sosial demi kemajuan masyarakat sulit dipenuhi.
5.       Argumen yang Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan
a.       Kebutuhan dan Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah
Masyarakat tidak hanya butuh barang dan jasa tertentu, melainkan barang dan jasa dengan mutu yang baik harga yang kompetitif.
b.      Terbatasnya Sumber Daya Alam
Keterlibatan dan kepedulian perusahaan melakukan kegiatan sosial, khususnya pada kelestarian sumber daya alam yang ada, akan mendorong penggunaan sumber daya alam yang terbatas itu secara efisien.
c.       Lingkungan Sosial yang Lebih Baik
Suatu lingkungan sosial yang mendukung kelangsungan dan keberhasilan bisnis mempunyai kewajiban dan tanggung jawab moral dan sosial untuk memperbaiki lingkungan sosial yang lebih baik.
d.      Perimbangan Tanggug Jawab dan Kekuasaan
Keterlibatan sosial khususnya maupun tanggung jawab sosial perusahaan secara keseluruhan, juga dilihat sebagai suatu pengimbang bagi kekuasaan bisnis moderen yang semakin raksasa dewasa ini.
e.      Bisnis Mempunyai Sumber-sumber Daya yang Berguna
Bisnis atau perusahaan sesungguhnya mempunyai sumber daya yang sangat potensial dan berguna bagi masyarakat, karena perusahaan tidak hanya punya dana melainkan juga tenaga profesional dalam segala bidang yang dapat dimanfaatkan atau disumbangkan untuk kemajuan masyarakat.
f.        Keuntungan Jangka Panjang
Tanggung jawab sosial perusahaan secara keseluruhan merupakan suatu nilai yang sangat positif bagi perkembangan dan kelangsungan perusahaan itu dalam jangka panjang
6.       Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Supaya tanggung jawab sosial dan moral itu benar-benar terlaksana, dibutuhkan kondisi internal tertentu dalam perusahaan yang memungkinkan terwujudnya tanggung jawab sosial dan moral.
Tugas Anda pada bab ini
  1. Sebutkan Syarat bagi Tanggung Jawab Moral!
  2. Jelaskan Status Perusahaan!
  3. Jelaskan Lingkup Tanggung Jawab Sosial!
  4. Jelaskan Argumen yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan!
  5. Jelaskan Argumen yang Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan!
  6. Implementasikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan!
Kunjungi kami : 
            gamespedia.org                                             
                 onlyfor.info           
                    tourismbestplace.com
                            filepython.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *