RENCANA PERUBAHAN “ TENTANG KEDISIPLINAN

By | September 8, 2009

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Perubahan dan Inovasi
Dosen : MUH ROSYID, S.Pd., M.M.Pd.

Oleh :

NAMA : TRI SUYENI
NIM : 070055530
EMAIL : tri.suyeni@yahoo.co.id
Semester : IV

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PUTRA BANGSA
PROGRAM STUDI MANAJEMEN ( S 1 )
KEBUMEN
2009

A. LATAR BELAKANG

Sebuah organisasi yang berhasil, di samping sudah diawali dengan misi dan visi yang jelas, umumnya memiliki keteraturan manajemen yang baik. Semua organisasi di dalamnya harus sudah menyadari bahwa mereka saling memiliki keterkaitan antar satu dengan yang lain. Setiap departemen memiliki suatu aturan main atau prosedur standar yang baku dan sangat di hormati serta ditaati. Namun semua aturan haruslah mengacu pada satu tujun yang sama, sehingga semuanya saling terkait dan saling tergantung dalam satu kesatuan misi dan visi. Ini semua harus di sadari dan setiap jajaran manajemen dan staf. Tanpa ini semua maka yang akan terjadi adalah turunnya kinerja sebuah organisasi secara keseluruhan.
Apabila satu departemen saja terganggu, maka hal ini langsung akan mengakibatkan gangguan keseluruhan dari semua unsur dalam suatu organisasi . Begitupun apabila salah satu orang staf di dalam satu departemen “ mengganggu “ , maka departemen itu akan terganggu pula kinerjanya, dan ini akan merembet ke staf – staf yang lainnya. Oleh karena itu perlu diterapkan suatu peraturan yang jelas yang telah dimilik legimitasi serta memiliki kekutan, agar selalu di taati oleh segenap karyawan/ staf di dalamnya. Apabila ketentuan – ketentuan dilanggar, maka niscaya sistem dalam Organisasi ini akan goyah seluruhnya. Ketegasan dalam hal ini sangat di perlukan demi tegaknya organisasi.
Penegakan peraturan saja, tanpa adanya suatu sistem yang bisa mendorong sumber daya manusia untuk berbuat maksimal atau tanpa motivasi, maka berakibat langsung pada organisasi yang akan menjadi statis dan tidak berkembang.
Sebuah organisasi juga perlu adanya sebuah kedisiplinan, namun entah mengapa di tempat saya kerja tentang kedisiplinan belum begitu berjalan dan masih mengambang. Padahal kedisiplinan itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan yang lebih unggul dalam mengembangkan organisasi ini.
Disiplin dan sungguh – sungguh juga berarti fokus dalam mengerjakan pekerjaan dengan berkosentrasi penuh dan memanfaatkan segala kemampuan akal dan budi. Kita juga harus selalu disiplin dan sungguh – sungguh menjalankan tugas dan tanggung jawab kita sehari-hari . Hargailah waktu dengan memanfaatkan waktu yang ada sebaik- baiknya dan tidak menunda – nunda pekerjaan. Tepatilah jam kerja karena waktu sangat berharga. Jika sesuatu hal yang tidak di lakukkan dengan kedisiplinnan maka pekerjaan itu akan sia- sia dan tidak menjadikan sebuah keberhasilan, Didalam surat (94) Alam Nasyrah ayat 7 : “ Maka apabila kamu telah selesai ( dari sesuatu urusan ) kerjakanlah dengan sungguh – sungguh ( urusan ) yang lain “ Ayat diatas menegaskan , manusia jangan serakah dan terlalu ambisius dengan mengerjakan banyak pekerjaan penting sekaligus karena akan kehilangan fokus sehingga hasilnya tidak maksimal. Dalam mengerjakan segala sesuatu, manusia harus sepenuh hati, memperhatikan aspek detil, dan bekerja tuntas.
Disiplin memang sangat penting untuk melakukan aktifitas dan suatu pekerjaan, tanpa ada sebuah kedisiplinan, juga bisa menghambat pekerjaan yang lain.

B. PERMASALAHAN
Di organisasi ini perlu adanya pembaharuan karena pembaharuan sangat penting apalagi pembaharuan ini bisa membawa kepada sebuah keberhasilan dan adanya perubahan yang sangat mendukung antara semua pekerjaan. Pembaharuan yang sangat kami inginkan adanya tugas – tugas yang bisa di pertanggungjawabkan serta adanya sebuah kedisiplinan. Karena selama ini dengan adanya tugas yang telah di berikan kepada berbagai staf masih kurangnya dengan rasa tanggungjawab yang besar. Masih banyaknya yang mengandalkan atau meremehkan suatu pekerjaan pada akhirnya pekerjaan itu dilimpahkan kepada staf yang lain. Maka dari itu di sebuah organisasi ini perlu adanya tindakan yang lebih jelas dan perlu adanya peraturan dan penegasan dalam sebuah pertanggungjawaban yang tepat. Dengan hal tersebut perlu adanya :
1. Pembagian tugas
2. Peraturan
3. Kedisiplinan
4. Sanksi – sangsi

C. PEMBAHASAN.
 PEMBAGIAN TUGAS :
Walaupun disini sudah adanya pembagian tugas namun dalam menjalankan tugasnya tidak sesuai, masih banyak yang di bebankan dalam salah satu pihak. Padahal dengan adanya pembagian tugas dapat meringankan beban – beban dari masing- masing pihak. Dalam memberikan suatu tugas harus ditentukan dalam surat keputusan yang jelas. Dalam pembagian tugas perlu adanya :
• Tugas yang di berikan kesalah satu staf harus perlu adanya kemauan atau tidak ada unsure keterpaksaan.
• Tugas itu tidak terlalu banyak untuk di bebankanya
• Sebelum memberikan tugas kepada salah satu pihak perlu adanya rasa tanggungjawab dari yang di beri tugas
• Tugas harus di berikan secara jelas

 PERATURAN :
Peraturan memang sangat di perlukan karena peraturan adalah kunci utama dalam melakukan sebuah pekerjaan yang tepat. Dengan adanya peraturan tugas-tugas bisa di lakukakan sesuai apa yang akan di harapakan, karena peraturan itu penting bagi semua pihak, peraturan dapat di jadikan untuk sebuah keteraturan dan kedisiplinan dalam menjalankan sebuah pekerjaan. Dan dapat di jadikan pedoman untuk melangkah untuk mengelolanya lebih baik. Peraturan ini harus diketahuai oleh semua kalangan, perlu adanya pemberitahuan kepada semua pihak dan perlu adanya kesepakatan bersama. Peraturan yang perlu dilakukan diantaranya :
1. Mematuhi Jadwal yang telah di tetapkan
2. Menjalankan Jadwal Piket sesuai dengan tugasnya
3. Staf / Guru yang ada jadwalnya harus datang tepat waktu
4. Jika ada Keperluan/ Kepentingan Lain harus meninggalkan tugas yang jelas
5. Jika berhalangan hadir harus membuat surat ijin
6. Bersikap tegas dan Berinisiatif

 KEDISIPLINAN

Kedisplinan adalah salah satu factor yang dapat dijadikan sebuah pekerjaan cepat terselesaikan dan tertata dengan rapih/teratur, kedisiplinan sangat di butuhkan untuk berbagai kalangan baik untuk melakukan administrasi maupun tugas, dan laporan untuk dipertanggungjawabkan. Disiplin memang sangat perlu di laksanakan di sebuah organisasi ini, karena sebuah kedisiplinan semua akan lebih baik dan akan dapat menjadikan sebuah manajemen lebih tertata dan bisa menjadikan perkembangan yang lebih baik dan mendapatkan nilai plus dari semua pihak. Ditempat saya bekerja perlu adanya kedisiplinan diantaranya tentang :
1. Keadministrasian
2. Guru dan Karyawan
3. Siswa/ siswi

 SANKSI -SANKSI
Sanksi sangat diperlukan atau perlu di tegakan karena dengan adanya sanksi semua pihak bisa berhati-hati dalam menjalakan sebuah pekerjaan. Dalam menegakkan sanksi ini perlu adanya pemberitahuan kepada semua pihak, baik pimpinan. maupun staf.
Memang perlu sekali sanksi itu ditegakan karena tanpa ketegasan sanksi maka semua bisa berakibat fatal pada akhirnya semua bisa melanggarnya dan mengabaikan semua tugas yang diberikan.Sanksi yang harus di tegakan :
1. Jika salah satu karyawan yang melanggar peraturan harus diperingatkan dengan lisan secara pribadi
2. Melanggar beberapa peraturan harus Membuat Surat Pernyataan
3. Jika beberapa kali telah diperingatkan tidak mamatuhi peraturan maka dinyatakan mengundurkan diri.

C. KESIMPULAN

Suatu pekerjaan harus disikapi dengan sungguh – sungguh, harus di sertai dengan rasa tanggungjawab jangan hanya mengabaikan tanggungjawab, karena semua itu bisa mengakibatkan dirisendiri akan tercoreng dan akan menghilangkan sebuah kepercayaan, karena dengan adanya pertanggungjawaban dapat menjadikan sebuah kepercayaan bagi semua kalangan. Yang saya harapkan dalam menerapkan pembaharuan ini dapat dilakukan. Dan dalam pembagian tugas harus jelas dan peraturan harus ada serta sangsi pun perlu ditegakkan. Karena dengan adanya seperti itu bisa dapat berjalan lancar. Dalam mengelolanya pun akan lebih mudah dan dapat di jadikan pedoman untuk yang akan datang, bila tugas dan peraturan yang jelas semua bisa berjalan tanpa adanya suatu halangan apapun.

Demikian makalah ini yang saya sampaikan, jika ada kekurangan dalam penulisan ini saya mohon maaf sebesar- besarnya,semoga makalah ini dapat memenuhi tugas akhir ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *