PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

By | Juni 14, 2010

Proposal Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah metode penelitian untuk mengembangkan produk atau menyempurnakan produk. Produk tersebut dapat berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium atau juga perangkat lunak (software) seperti program komputer, model pembelajaran dll. Dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan, ada bebera¬pa metode yang digunakan, yaitu metode: deskriptif, evaluatif, dan eksperimental. Variasi metode ini yang mendasari substansi proposal yang harus disusun.

A. Garis Besar Isi Proposal R&D
Secara umum garis besar isi proposal penelitian dan pengembangan dapat dikemas dalam sistematika penulisan sebagai berikut:
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
II. LANDASAN TEORI
A. Deskripsi Teori
B. Kerangka Berpikir
C. Produk yang Dihasilkan
III METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode dan Prosedur Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi, Sampel, dan Subyek Penelitian
D. Teknik Pengumpulan Data Instrumen Penelitian
E. Teknik Analisis Data
JADWAL KEGIATAN PENELITIAN
ANGARAN BIAYA PENELITIAN

B. Penjelasan Unsur-unsur Proposal R & D
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Latar belakang penelitian dan pengembangan yang adalah adanya potensi, kebutuhan dan permasalahan yang membutuhkan pemecahan menggunakan produk tertentu. Potensi adalah segala sesuatu yang bila didayagunakan akan memberikan nilai tambah. Pada dibagian ini dijelaskan potensi (produk) apa yang akan diteliti dan kemungkinan masalah yang akan timbul jika potensi tersebut tidak dikembangkan.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dibuat merujuk pada latar belakang masalah tentang pentingnya pengembangan suatu produk. Rumusan masalah dibuat setelah mengumpulkan informasi dan biasanya berbentuk dalam kalimat tanya yang harus jawab dengan melakukan penelitian ini. Rumusan masalah mencakup pertanyaan tentang kondisi yang menuntut dikembangkannya suatu produk serta produk yang ingin dihasilkan.
C. Tujuan
Tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan atau mengembangkan sesuatu (produk) baru yang bermanfaat. Disini dijelaskan hasil akhir apa yang ingin dicapai setelah penelitian dan pengembangan ini selesai dilakukan.
D. Manfaat
Bagian ini menjelaskan manfaat apa yang bisa didapatkan dari produk yang diteliti atau dikembangkan dalam penelitian ini. Manfaat disini terutama yang berhubungan dengan pemecahan masalah yang dihadapi dalam penelitian yang dilakukan. Manfaat lain yang perlu dikemukakan adalah manfaat yang diperoleh bagi lembaga sebagai penyelenggara kegiatan penelitian atau pihak-pihak yang dapat memenfaatkan produk yang dihasilkan.

III. LANDASAN TEORI
A. Deskripsi Teori
Berisikan uraian tentang landasan teori yang digunakan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan produk, terutama berkaitan dengan spesifikasi produk yang akan dikembangkan.

B. Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir merupakan bagian dari penelitian yang menggambarkan alur gambaran kerja dari penelitian yang akan dilakukan. Kerangka berpikir dikemukakan dengan maksud untuk menyusun reka pemecahan masalah melalui pengembangan produk yang dihasilkan.

C. Produk yang Dihasilkan
Pada bagian ini dijelaskan desain produk yang ingin dihasilkan dan spesifikasi awal produk tersebut. Produk yang dihasilkan bisa berbentuk software maupun hardware. Dalam dunia pendidikan produk yang dihasilkan bisa berupa sistem pengelolaan pendidikan atau pembelajaran, sistem pendidikan atau pembelajaran, media pendidikan atau pembelajaran dan lain-lain.

III. METODE PENELITIAN
A. Prosedur Penelitian
Pada bagian ini dijelaskan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi penelitian pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian produk. Dalam uraian tentang penelitian pendahuluan dijelaskan semua kegiatan yang dilaksanakan untuk mendapatkan landasan teoretis dan landasan empirik pengembangan produk. Uraian tentang pengembangan produk dijelaskan dengan mengemukakan langkah-langkah sehingga diperolehnya produk awal kemudian proses uji coba yang dilakukan untuk menyempurnakan produk. Dari proses tersebut diharapkan diperoleh produk yang sudah disempurnakan. Tahap selanjutnya dijelaskan proses pengujian untuk mengetahui efektivitas produk dalam memecahkan masalah.

B. Tempat dan Waktu Penelitian
Pada bagian perlu didijelaskan dimana setiap tahapan proses penelitian dilaksanakan dan berapa lama penelitian direncanakan.

C. Populasi, Sampel, dan Subyek Penelitian
Pada bagian ini dikemukakan populasi yang menjadi sasaran pada tahap penelitian pendahuluan, sampel penelitian dipilih serta teknis yang digunakannya. Selanjutnya dikemukakan subyek yang dilibatkan selama pengembangan produk dan pengujian produk.

D. Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian
Penjelasan tentang teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian mencakup jenis data, teknik pengumpulan data, serta instumen yang akan digunakan pada setiap tahapan studi. Mengingat studi dilakukan dalam beberapa tahap, maka data dan instrumen yang digunakan lebih bervariasi dibandingkan dengan jenis penelitian lain.

E. Teknik Analsis Data
Teknik analsis data mengungkapkan langkah-langkah analisis serta teknik analisis yang akan digunakan dalam setiap tahapan penelitian. Besar kemungkinan pada setiap tahapan penelitian menggunakan teknik analisis yang berbeda. Peneliti harus menjelaskan setiap teknik yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *