PROBLEMATIKA PENGHIMPUNAN DANA MASYARAKAT DI BPR BKK PETANAHAN

By | Februari 7, 2009

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)
DOSEN : MUH. ROSYID, S.Pd., M.M.Pd.

Disusun oleh :

Nama : Partinah
Nim : 07005515
Jurusan : Manajemen
Email : party_stie@yahoo.co.id
Semester: III

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PUTRA BANGSA KEBUMEN
PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S1)
TAHUN AKADEMIK 2007/2008

BAB I
PENDAHULUAN

Dana adalah hal yang sangat fital bagi dunia perbankan, tanpa adanya dana yang di tanam di suatu Bank, Bank tidak bisa berkembang.
Peranan dana pada dunia perbankan menjadi tulang punggung bagi kehidupan Bank, dengan semakin banyaknya dana yang di himpun oleh Bank, Bank akan semakin cepat berkembang dengan memberi kredit kepada pengusaha untuk modal kerja maupun investasi untuk membuka lapangan pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

BAB II
PEMASALAHAN

PROBLEMATIKA PENGHIMPUNAN DANA DI BPR BKK PETANAHAN
Untuk kelangsungan hidup dunia perbankkan dana sangat memegang peranan penting, baik untuk Bank umum maupun dunia perbangkan yang statusnya BPR.
Untuk BPR BKK khusunya yang akan saya coba bahas disini, rata – rata penabung di BPR BKK dengan jumlah nominal yang masih kecil dan dari dana yang di simpan di BPR BKK juga kebanyakan dananya masih dalam skala kecil, seperti tabungan anak TK, tabungan anak SD biasanya untuk persediaan jangka pendek, dan bagi pemilik dana besar dan usahanya juga berskala besar kebanyakan disimpan di Bank umum mengingat pelayana di BPR BKK yang masih sangat terbatas dan juga sumber daya manusianya yang belum memadai, cara kerja karyawan yang belum sesuai dengan struktur yang telah dibuat oleh atasan, BPR BKK belum begitu akrab ditelinga masyarakat. Dan apabila pemilik dana berjumlah besar yang berminat menyimpan dana di BPR BKK pasti minta pelayanan yang lebih, seperti minta jasa yang lebih besar diatas bunga yang berlaku di Bank umum. Para pemilik dana berjumlah besar enggan menanam dananya di BPR karena untuk BPR aturanya yang masih sangat jauh berbeda di banding dengan Bank umum.
Dari segi aturan operasionalnya BPR hanya boleh menghimpun dana dan menyalurkan kredit, tidak diperbolehkan untuk lalulintas pembayaran, seperti melayani trasfer dari luar negri, transfer dari Bank lain yang berada di dalam negri, ataupun melayani Anjungan Tunai Mandiri yang kita kenal dengan ATM. Pada era globalisasi seperti sekarang ini orang – orang cenderung memilih yang praktis – praktis seperti membayar dagangan dalam parte besar lewat Bank terdekat, mengirim uang tanpa harus menanggung resiko kehilangan uang di jalan yang sekarang semakin banyaknya kejahatan.

BAB III
PENYELESAIAN

Untuk supaya lebih cepat dikenal BPR BKK oleh masyarakat baik masyarakat pedesaan maupun perkotaan, dan untuk menggairahkan para pemilik dana agar lebih tertarik menanam dananya pada BPR BKK, dari pihak BPR BKK mengadakan pendekatan langsung kepada masyarakat yang sebelumnya bila menyimpan uang yang belum dipergunakan di bawah bantal untuk di arahkan supaya di tabung di BPR BKK. Pendekatan yang kita gunakan dengan secara persaudaraan, tetapi tetap menjaga etika dan menjaga kewibawaan sebagai seorang Banker, selain mengadakan promosi lewat Radio juga lewat pertandingan sepak bola yang sering diadakan di setiap Kecamatan, memasang spanduk ditempat yang setrategis sering di kunjungi orang dengan mencantumkan produk – produk yang ada di BPR BKK , dari petugas dana dengan pendekatan langsung dari rumah satu kerumah yang lain yang di pandang punya dana lebih seperti yang punya keluarga di luar Negeri, ataupun kita mencari informasi lewat aparat desa setempat, memberi jasa yang lebih tinggi dibanding dengan bunga yang berlaku di Bank umum, kepada petugas dana yang ke lapangan dianjurkan memberi penjelasan walaupun BPR BKK dananya tetap di jamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, agar supaya calon penabung tidak ragu dalam menanam dananya juga supaya dijelaskan BPR BKK kepemilikan sahamnya dimiliki oleh pemerintah Kabupaten dan Propinsi, dan di sarankan selalu ramah dalam melayani, selalu mengutamakan pelayanan, selalu tersenyum, walaupun keadaan capai, berusaha melayani dengan sepenuh hati dan senang hati.
Disamping pelayanan yang serba plus dari BPR BKK juga tetap memberi pelayanan jemput bola, mengadakan undian berhadiah bagi para penabung setiap satu tahun sekali dengan hadiah yang sangat fantastis. Disamping memberi hadiah kepada para penabung secara undian, BPR BKK juga memberi hadiah langsung kepada penabung tertentu seperti contoh payung , kaos, kalender dan lain – lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu disini.

KESIMPULAN

Dana yaitu simpanan masyarkat yang di tanam di Bank, baik tabungan biasa maupun tabungan berjangka denga syarat tertentu dan dengan imbalan berupa bunga yang berlaku di Bank tersebut.
Dengan memberi pelayanan yang lebihpun dana yang di tabung belum sesuai yang diharapkan disebabkan karena
1. Sistem yang belum memadai
2. SDM yang masih belum memadai
3. Belum pernah diadakan pelatihan khusus
4. Bayaknya persaingan di dunia perbankan
5. Banyaknya lembaga lain yang setara denganya
6. Pola pikir pegawai yang masih menganut pola lama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *