PROBLEMATIKA KREDIT MACET

By | Februari 7, 2009

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( MSDM )
DOSEN : MUH. ROSYID, S.Pd. M.M.Pd.

Disusun oleh :
Nama : DWI SUPRAPTO
NIM :
EMAIL :dwisuprapto92@yahoo.co.id

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
PUTRA BANGSA KEBUMEN
2008

KASUS :

Seorang Nasabah pengusaha angkutan jasa yang meminjam di Bank sebesar Rp 10 juta, dengan jangka waktu 2 tahun dengan bunga 2 % per bulan Flate. Awalnya semua kewajiban dibayar sesuai kewajiban. Tetapi pada angsuran ke 12 pembayaran Angsuran mulai terlambat dari jadwal, Nasabah juga mulai sulit ditemui. Ketika dapat ditemui ia mengaku kena tipu sehingga tidak mampu lagi memenuhi kewajibannya.

SOLUSI :

Agar Nasabah kredit itu tidak semakin berlarut-larut Bank melakukan pembinaan rutin. Bank juga menyampaikan Surat peringatan dan panggilan kepada Nasabah serta melakukan pendekatan pada keluarga dan orang tuanya. Upaya Bank belum membuahkan hasil yang menggembirakan, Bank bahkan menghadapi masalah yang lebih besar karena Nasabah pergi keluar kota, barang yang digunakan telah dipindahtangankan, dan keberadaannya idak diketahui. Kondisi itu tidak membuat Bank putus asa, Bank tetap optimis pasti ada jalan keroma. Maka Bank melakukan pendekatan kepada Saudara-saudaranya. Bank meyakinkan mereka bahwa sebagai saudara mereka wajib saling membantu jika ada salah seorang saudara yang sedang menghadapi kemalangan/kesusahan.
Rupanya pendekatan Bank tidak sia-sia berkat niat baik saudara-saudara Nasabah dan kesadaran mereka untuk membantu mereka membayar kewajiban Nasabah kepada Bank. Dan pembayaran itu terjadi setelah Bank melakukan upaya-upaya penyelesaian memakan waktu 1 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *