PERUBAHAN DALAM PELAYANAN PADA PD BPR BKK KEBUMEN CABANG PETANAHAN

By | September 8, 2009

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Perubahan dan Inovasi
Dosen : MUH ROSYID, S.Pd., M.M.Pd.

Oleh :
Nama : PARTINAH
NIM : 070055515
Semester : IV
E-mail : partinah@.id

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PUTRA BANGSA
PROGRAM STUDI MANAJEMEN ( S 1 )
KEBUMEN
2009

BAB I
PENDAHULUAN

Pelayanan adalah kunci utama bagi sebuah perusahaan jasa, baik jasa transpotasi, jasa rumah makan, jasa perhotelan, jasa Rumah Sakit,l jasa perbankan dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dalam makalah yang saya buat.
Sebuah lembaga organisasi akan dinilai baik oleh publik manakala dalam memberikan pelayanan mengutamakan pelayanan dengan sungguh sungguh dijalankan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pemakai jasa tersebut.

BAB II
PERMASALAHAN

Kantor PD BPR BKK KEBUMEN CABANG PETANAHAN adalah bergerak dalam bidang pemberian jasa Perbankan. Pada era sebelum reformasi digulirkan bagi perusahaan perbankan pelayanan belum begitu dianggap hal utama dan penting, karena pada waktu itu khususnya perusahaan perbankan beranggapan bahwa para pemakai jasalah yang membutuhkan dirinya bagi lembaga itu sendiri seolah olah tidak membutuhkan maka dalam pemberian pelayananpun dengan cara yang kurang baik dan kurang ramah, baik kepada yang mau membutuhkan modal ataupun bagi yang akan menanam dananya. Tak terkecuali juga yang berlaku pada PD BPR BKK KEBUMEN CABANG PETANAHAN pelayanan yang di berikan kepada para nasabah pada saat sekarang baru sedikit ada perubahan karena yang berlaku sekarang juga belum berbeda jauh dengan pelayanan pada masa sebelum reformasi digulirkan.
Untuk meningkatkan dalam pelayanan baik kepada debitur ataupun kreditur saya mengusulkan kepada Direktur umum agar supaya pelayanan umum yang berlaku sekarang khususnya pada BPR BKK Cabang Petanahan supaya dirubah sistemnya yang dulu apabila tamu yang datang dibiarkan menungu lama karena memang belum diberlakukan sistim antri kadang yang sudah lama datang belum dilayani karena yang datang mungkin juga bingung misalnya saya mau mengajukan kredit harus ketemu siapa, mau menabung harus kebagian mana terutama bagi nasabah yang belum pernah datang kekantor, karena kesibukan dari pegawai masing masing tidak segera mempersilahkan yang sudah lama menunggu untuk dilayani terlebih dulu.

PEMECAHAN MASALAH
Untuk merubah supaya hal yang seperti itu tidak terjadi lagi di BPR BKK Cabang Petanahan di masa sekarang atau masa yang akan datang saya mengusulkan agar ada petugas khusus atau SATPAM yang ada di depan pintu yang selalu siap menyapa dengan ramah kepada setiap tamu yang datang karena saat sekarang pelayanan yang berlaku di Bank Bank umum pada umumnya sudah ada petugas khusus yang melayani para tamu yang baru datang untuk menanyakan kepentinganya apa yang mereka perlukan, mungkin mau ketemu dengan siapa, atau mungkin mereka memerlukan bantuan karena baru sekali datang ke Bank tersebut dengan demikian setiap yang datang merasa lebih diperhatikan dan di orangkan .
Untuk menjalin hubungan dengan para deposan, khususnya deposan inti supaya deposan tersebut tidak mudah berpindah ke Bank lain dari PD BPR BKK Kebumen cabang Petanahan sekali tempo memberikan hadiah langsung berupa makanan ataupun barang disamping hadiah yang diundi pada setiap tahunya , dan selalu menjaga komunikasi.
Untuk mengatasi persaingan yang sangat ketat dari sesama lembaga perbankan ataupun koperasi dalam penyaluran kredit atau penghimpunan dana dari staf kredit agar lebih aktif menawarkan produknya ke pada para calon nasabah dengan cara datang langsung kerumah atau ke tempat usaha dan ke bendahara gaji untuk kredit pegawai, tetapi walaupun kita agresif menawarkan kredit prinsip kehati – hatian tetap harus dipakai agar dalam penyaluran dana selamat seperti yang diharapkan oleh pengelola dan pemilik modal.

BAB. III
KESIMPULAN

Untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat kita harus berani bersaing dan menanggung resiko
Agar perubahan berhasil sesuai dengan apa yang direncanakan semua karyawan harus rela berkorban, baik waktu tenaga ataupun yang lainya.

One thought on “PERUBAHAN DALAM PELAYANAN PADA PD BPR BKK KEBUMEN CABANG PETANAHAN

  1. masbirin

    Harus ada perubahan system pelayanan yang realtime online agar layanan nasabah dapat terlayani dengan cepat dan tidak harus antry, dengan system realtime online nasabah dapat mentransaksikan setoran/penarikan tabungan dan kredit di kantor cabang manapun.
    untuk dapat merealisasikan system tersebut CV.MSO dapat membantu menimplementasikan system layanan realtime online dengan coreBanking MBS Online Realtime. Informasi lebih lanjut silahkan berkunjung di : http://www.microbanking-online.com

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *