PERMASALAHAN DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH

By | Februari 7, 2009

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)
DOSEN : MUH. ROSYID, S.Pd., M.M.Pd.

Disusun oleh :
Nama : Tri Suyeni
NIM : 070055530
Prody : S1 Manajemen

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PUTRA BANGSA
KEBUMEN
2008

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dampak globalisasi yang di tandai dengan adanya pasar beabas yang untuk tingkat Asia pada tahun 2010 terbukanya peluang baru dan sekaligus juga tantangan bagi produk maupun tenaga kerja asing dalam mempertahankan pasar global dengan keunggulan komperatif yang berupa sumber daya alam yang melimpah maka merupakan modal yang sangat berharga untuk memenangkan persaingan global namun keunggulan tersebut akan menjadi lebih sempurna apabila di dukung dengan keunggulan kompetetif yang berupa SDM yang professional dan mempunyai Skill, pengetahuan, serta sikap mental.
Namun dengan penguasaan terhadap teknologi Informasi dan bahasa inggris yang merupakan bahasa Internasional sangatlah di butuhkan dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas di tingkat Asia maupun dunia. SMK Muhammadiyah sangat konsen terhadap tuntutan peningkatan SDM yang berkualitas Global untuk mempersiapkan dan mewujudkan SDM yang kompetitif, kreatif, provisional dan berdaya saing tinggi tersebut, Namun untuk mewujudkan komitmen tersebut, tentu membutuhkan berbagai prasarat seperti, Organisasi manajemen yang handal, SDM kependidikan / non kependidikan yang unggul, sarana dan prasarana yang memadai, adanya kedudukan yang kuat, kurikulum yang baik, metode pembelajaran dan pelatihan yang efektif dan efisien.

BAB II
POTENSI DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
A. POTENSI DAN KELEMAHAN
a. POTENSI,
1. Tersedianya prasarana berupa tanah yang luas
2. SDM sendiri terdiri dari guru – guru dan tenaga administrasi yang rata – rata masih muda dan idialis sehingga sangat potensi untuk dikembangkan.
3. Kerjasama dengan baik dengan dunia usaha dan industry serta berbagai institusi pemerintah dan swasta.
4. Berada di pelosok desa menjadi pilihan orang tua untuk menyekolahkan putra putrinya di SMK Muhammadiyah Sadang, karena jarak yang jauh untuk menyekolahkan kekota.
5. Adanya dukungan yang kuat dari warga dan masyarakat.
6. Banyak lulusan SMP/ MTS yang melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi
7. Tingginya amino untuk melanjutkan Ke SMK
8. Masih tingginya permintaan tenaga kerja khususnya jenis kopetensi – kopetensi tertentu baik di dalam dan luar negeri yang belum di manfaatkan oleh SMK
9. Banyak industry di kota Indonesia membutuhkan banyak tenaga yang berkompetensi

b. KELEMAHAN / PERMASLAHAN
1. Banyak sekolah, baru berdampak kurang baik terhadap target jumlah perolehan siswa yang masuk
2. Pada umumnya siswa SMK berasal dari keluarga kurang mampu
3. Rendahnya kemampuan ekonomi sebagaimana masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya ketingkat pendidikan yang lebih tinggi
4. Masih rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap program keahlian
5. Perhatian dan pemerintah terhadap pengembangan SMK Swasta belum optimal.
6. SDM yang relative muda belum punya pengalaman yang memadai
7. Terbatasnya kemampuan pendanaan
8. Lemahnya daya dukung orang tua / wali siswa karena kebanyakan siswa dari keluarga yang kurang mampu
9. Siswa yang terjaring kebanyakan kemampuannya terbatas.

B. ALTERNATIF DAN PEMECAHAN
a. Untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru perlu adanya pelatihan dan penataran serta di beri kesempatan magang pada dunia usaha dan indistri
b. Untuk meningkatkan kemampuan SMK Muhammadiyah Sadang bekerjasama dengan ;
a) Persyarikatan Muhammadiyah melalui usaha – usaha alternative LAZIZ.
b) Bekerjasama dengan lembaga – lembaga pemberi bia siswa seperti Supersemar serta lembaga – lembaga swasta yang peduli pada pendidikan.
c) Bekerjasama dengan pemerintah melalui dinas – dinas terkait.
c. Memberikan kesempatan yang seluas- luasnya kepada Guru dan karyawan yang berprestasi untuk menitih karir sampai jenjang yang lebih tinggi.
d. Melaksanakan kegiatan sosialisasi berupa prestasi Program keahlian yang merupakan program keahlian di SMK Muhammadiyah Sadang terhadap orang tua wali murid ataupun para siswa lulusan SMP/ MTs di wilayah kecamatan sadang Kabupaten Kebumen.

BAB III
PENUTUP
Semoga makalah ini dapat memberikan apresiasi bagi para Pembaca atau yang berkompeten untuk dapat mendukung dan memberikan motivasi yang positif sehingga upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan Lembaga kami maupun mewujudkan Pendidikan yang berorientasi pada standar Kompetensi Nasional yang selanjutnya dapat menjadi Program Keahlian berstandar Nasional.
Makalah ini hanya sebagai ajuan dalam merealisasikan terwujudnya peningkatan mutu pendidikan, sedangkan keberhasilan di dalam pelaksanannya sangat tergantung dari kesungguhan pihak sekolah dan bimbingan terus menerus dari stakeholder terutama Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan.
Untuk itu harapan dan tujuan , agar kerjasama antar sekolah dengan orang tua dan masyarakat bisa berjalan dengan lancar untuk memperjuangkan dan berusaha untuk meningkatkan Kualitas Sekolah.
Serta mewujudkan peserta didik agar menjadi SDM yang unggul untuk mengisi kebutuhan berbagai sector pembangunan, dapat merubah peserta didik dari status beban pembangunan menjadi asset yaitu berupa SDM yang produktif, kreatif, mandiri, inovatif dan mampu menjalin kerjasama dengan orang lain baik lingkungan kerja dan di masyarakat serta menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap pekerjaan, disiplin dan demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *