PENINGKATAN KAPASITAS KINERJA

By | Februari 7, 2009

Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Perubahan dan Inovasi
Dosen : Muh. Rosyid, S.Pd., M.M.Pd.

Disusun Oleh :
NAMA : SITI NURJANAH
Email : nurjanah.stie@yahoo.com
NIM : 060055465
PROGRAM STUDI : MANAJEMEN (S1)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PUTRA BANGSA
KEBUMEN
2008
A. LATAR BELAKANG
Sejalan dengan makin bertambahnya beban tugas, peranan serta fungsi UPK dalam menunjang kemajuan perekonomian masyarakat miskin, setelah mencermati, mengevaluasi dan menganalisa kinerja usaha UPK, maka UPK harus berusaha tampil lebih maju dan realistis di dunia usaha. Dan untuk melangkah harus dipersiapkan suatu perencanaan yang matang sesuai dengan situasi, kondisi dan tuntutan masyarakat.
UPK sejak awal sudah bebenah diri dalam rangka kemandirian sebagai pelayanan dan pembinaan masyarakat dengan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan perekonomian masyarakat.

B. SASARAN / TARGET RENCANA PERUBAHAN
Seiring dengan perkembangannya UPK Kecamatan Kebumen dalam rangka mewujudkan pelayanan dan menjadikan lembaga perekonomian yang handal, maka upaya-upaya yang akan dilakukan sebagai strategi pencapaian dari target / rencana tersebut adalah sebagai berikut :

1. Aspek Manajemen UPK
Dalam mengembangkan UPK, sebenarnya timbul pertanyaan, “bagaimana system yang sudah dilakukan di UPK akan mampu menumbuhkan dan memunculkan UPK yang berkualitas?” Untuk dapat mewujudkannya dibutuhkan suatu pemikiran yang disertai pembinaan yang intensif baik dari jalur structural/birokrasi maupun fungsional/konsultan.
UPK sebagai lembaga milik masyarakat dituntut tanggap terhadap kondisi sosial dan lingkungan masyarakat, mampu memberikan pelayanan yang baik, meningkatkan modal yang dimiliki, mampu bersaing dan selalu mengikuti perkembangan jaman.

2. Aspek keuangan / permodalan
Permodalan UPK dewasa ini masih kurang, karena banyaknya permintaan kredit dana kepada UPK. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka membutuhkan tambahan modal yaitu dengan cara :
a. Pemupukan modal dari simpanan anggota peminjam (sebagai tambahan modal), diharapkan adanya peningkatan untuk tahun 2009
b. Adanya dukungan pengembangan jaringan, karena merupakan salah satu unsur yang penting bagi kemajuan UPK. Hal ini memerlukan kerjasama atau dukungan dari berbagai pihak yang terkait.
c. Adanya pemupukan modal melalui Koperasi yang dikhususkan untuk anggota peminjam UPK
d. Selain itu penambahan tenaga kerja juga diperlukan di UPK Kecamatan Kebumen mengingat makin berkembangnya usaha yang dijalankan, dan tentunya hal tersebut setelah diperhitungkan dengan pendapatan dan biaya operasional yang ada.

3. Aspek kelembagaan
Dalam aspek kelembagaan UPK, diharapkan adanya program kerja sama antar anggota peminjam dengan cara saling tukar informasi dari produk-produk yang dihasilkan sehingga dapat dipasarkan melalui pangsa pasar yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *