PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI WAKTU

By | Februari 7, 2009

Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Perubahan dan Inovasi
Dosen : Muh. Rosyid, S.Pd., M.M.Pd.

Disusun Oleh :
NAMA : S A R Y A N I
Email : nay_kbm@yahoo.com
NIM : 060055463
PROGRAM STUDI : MANAJEMEN (S1)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
PUTRA BANGSA
KEBUMEN
2008

BAB.I. PENDAHULUAN
Sekarang ini kita telah berada di masa modernisasi, dimana semua hal bisa dilakukan dengan cepat dengan bantuan alat – alat dengan teknologi yang sangat canggih.Contoh kecilnya saja komputer.Sekarang ini komputer tidak lagi menjadi barang mewah ataupun langka, karena dari anak- anak SD sampai orang dewasa sudah bisa menggunakannya.Untuk itu menurut saya kenapa kita tidak mamanfaatkan teknologi yang sudah sangat modern ini.Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang perubahan manajemen dari manualisasi menjadi komputerisasi, ataupun pekerjaan manual denga manggunakan alat bantu komputer.Seperti yang kita tahu jika kita bicara komputerisasi berarti kita mengacu kepada sistem ataupun program, Namun dalam hal ini saya tidak membahas sistem melainkan pekerjaan manual, tetapi bagaimana caranya agar supaya pekerjaan maual ini tidak di kerjakan benar-benar secara manual melainkan menggunakan alat bantu komputer.Kenapa saya ingin menjalankan perubahan ini karena sebelumnya ada satu bagian di tempat saya bekerja, bagian ini benar-benar mengerjakan segala sesuatu dengan manual, sementara dengan pekerjaan sebanyak yang harus dikerjakan menurut saya itu tidak akan mungkin terselesaikan dengan baik, disamping itu pula resiko kesalahan besar, sedangkan satu pekerjaan ini menjadi acuan dan berkesinambungan untuk mengerjakan pekerjaan bagian lain, dan jika terjadi kesalahan ini akan menghambat semua pekerjaan.Untuk itu dengan perubahan yang igin kami jalankan semoga akan menjadi lebih efektif dan efisiensi waktu, sehingga semua hasil pekerjaan bisa maksimal.

BAB II. PEMBAHASAN
Kondisi yang ada :
Saat ini yang terjadi di tempat saya bekerja adalah sebagian pekerjaan menggunakan bantuan komputer, dan sebagian lagi masih manual. Sementara pekerjaan yang menggunakan manual ini menurut saya melebihi kapasitas kami, dan jika di kerjakan dengan cara manual akan sangat lambat dan menyita waktu, dan juga resiko kesalahan akan lebih tinggi dibandingkan jika kita mengerjakan dengan menggunakan alat bantu komputer.
Adapun kelemahan sistem manual adalah :
• Waktu yang di perlukan akan lebih lama
• Butuh konsentrasi lebih
• Resiko kesalahan akan lebih besar
• Kurang cepat dalm penyajian laporan
Kondisi yang seperti ini akan sangat menghambat semua pekerjaan yang berkaitan dengan laporan –laporan dari bagian ini. Sehingga banyak hal yang tertunda hanya karena laporan dari bagian ini belum siap.Oleh karena itu kami mencoba mengajukan agar diadakan perubahan sistem kerja, dari yang tadimya manual menjadi komputerisasi. Komputerisasi di sini bukan menggunakan sistem, tetapi hanya mengubah data manual menjadi data komputer yang diharapkan akan membantu memperbaiki hasil kerja dari yamg sebelumnya.
Adapun hal – hal yang mendorong kami untuk mengajukan perubahan :
• Tuntutan Zaman, Jelas itu sangat utama, menurut saya kenapa di zaman yang modern ini kita masih menggunakan manual, sedangkan teknologi sudah tersedia.
• Mengurangi resiko kesalahan, Menurut saya kemampuan manusia itu sangat terbatas, dan jika tidak dibantu dengan teknologi tidak menutup kemungkinan dalam melakukan pekerjaan akan mengalami kesalahan yang lebih besar dibandingkan menggunakan alat bantu.
• Efisiensi waktu, Pimpinan dimanapun menghendaki pegawainya mempunyai kinerja yang bagus, mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang cepat, jika dengan pekerjaan ynag melebihi porsi harus dikerjakan secara manual, saya yakin hasilnya tidak akan maksimal.
• Mempermudah pencarian data,Jika semua data tersimpan di komputer, maka akan lebih cepat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Kendala yang dihadapi :
• Ketergantungan, Jika kita sudah menerapkan komputerisasi seringkali akan merasa ketergantungan dengan komputer, sehinngga jika sewaktu-waktu komputer tidak bisa digunakan, terkadang ada rasa malas untuk kembali ke sistem manual.
• Belum menemukan format yang tepat untuk kesempurnaan komputerisasi
• Komputer yang kurang mencukupi
• Kurangnya tenaga ahli di bidang komputer

Harapan setelah adanya perubahan :
• Keakuratan data akan lebih terjamin
• Penyajian laporan yang tepat waktu
• Resiko kesalahan akan lebih kecil
BAB III. PENUTUP
Dalam suatu pekerjaan kita pasti dituntut untuk bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu dan akurat. Dan sampai kapanpun waktu tidak akan berubah akan menjadi lebih panjang ataupun lebih pendek, oleh karena itu kita harus mampu menyiasatinya dengan hal – hal yang lebih membantu dalam penyelesaian pekerjaan tersebut.Untuk itu dengan kondisi yang sebelumnya terjadi di lingkungan keja saya, yaitu mwnggunakan system manual yang sangat memakan waktu dan juga mengandung resiko yang sangat besar, maka saya mencoba mengajukan dan menjalankan perubahan dari system manual ini menjadi lebih modern yaitu menggunakan alat Bantu computer.Dari perubahan ini diharapkan semoga hasil yang kita dapatkan akan lebih baik dan sesuai dengan harapan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *