MOVE TO On Line NET WORK

By | September 25, 2009

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Inovasi Dan Perubahan
Dosen : MUH. ROSYID, S.Pd. M.M.Pd.

Disusun oleh :
Nama : M. BASTARI
NIM :
Semester : VI (Enam)
E-mail : mohcbastari@yahoo.co.id

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )
PUTRA BANGSA
PROGRAM STUDY MANAJEMEN ( S 1 )
KEBUMEN
2009

I. PENDAHULUAN

Di era teknologi yang semakin maju, berakibat sangat tajam sekali pengruhnya di segala bidang, mulai dari bidang Ekonomi, Budaya, Sosial dan lain-lain. Teknologi membuat orang menjadi sangat transparan dari segala informasi. Mulai informasi, teknologi itu sendiri, informasi seni, informasi sosial sampai informasi bisnis. Hampir dapat dipastikan bila orang tidak faham terhadap teknologi maka dia akan ketinggalan informasi. Padahal dalam dunia kompetisi, calon pemenangnya adalah pemegang informasi.

Begitu pula organisasi, bila oraganisasi tidak memiliki teknologi yang baru dapat dipastikan bahwa organisasi tersebut akan ketinggalan dengan oraganisasi yang lain. Namun demikian pemanfaatan teknologi harus di sesuaikan dengan kebutuhan organisasi, jangan sampai hanya karena kita ingin memiliki teknologi yang modern kemudian kita asal beli saja. Sebab jika dalam membelanjakan uang organisasi tidak tepat guna, maka bisa jadi tujuan kita tidak tercapai, tapi justru pemborosan yang akan kita dapati.

Berawal dari ilustrasi tersebut saya mempunyai keinginan untuk mengusulkan adanya perubahan di perusahaan saya, yaitu dengan konsentrasi dibidang pelayanan dan komunikasi data, di perusahaan tempat saya bekerja yaitu PD BPR BKK Kebumen, dengan mengadakan jaringan On Line. Sebab dengan adanya jaringan tersebut, maka banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan. Selain pelayanan dan komunikasi data, dari sisi finansialpun perusahaan bisa mendapatkan keuntungan optimal.

Dalam makalah ini saya akan mencoba mengurai pendapat saya yang akan saya ajukan sebagai usulan kepada perusahaan saya, untuk melakukan perubahan. Saya berharap dari teman-teman mahasiswa dan khususnya pada Bapak Muh Rosyid, S.Pd., M.M. sebagai dosen pengampu Manajemen Perubahan, berkenan untuk memberikan saran dan kritik agar makalah ini menjadi semakin lengkap, yang pada akhirnya bisa menjadi usulan yang punya power yang kuat, sehingga bisa memajukan perusahaan dimana saya bekerja.

II. PERMASALAHAN

1. Sering terjadinya keterlambatan pelaporan kegiatan dan kuangan
2. Adanya usulan dari nasabah PD BPR BKK agar setiap cabang bisa melayani transaksi dari nasabah cabang lain.
3. Perputaran transaksi masih lambat dibanding dengan Bank lain
4. Mahalnya peralatan sehingga kita perlu mengumpulkan modal

III. USULAN PERUBAHAN
1. Jaringan On Line Real Time
Jaringan On Line Real Time adalah salah satu teknologi berbasis internet yang kegunaannya bisa dimanfaatkan untuk komunikasi data dengan cepat antara pusat dengan cabang serta antara cabang dengan cabang.
2. SMS Banking
Nasabah bisa melakukan transaksi melalu SMS, sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Dengan peralatan ini nasabah tidak perlu datang kekantor PD BPR BKK, meski nasabah berada diluar kota sekalipun, nasabah bisa melakukan transaksi sesuai yang dikehendaki.
3. ATM Banking
Dengan ATM Banking ini, memudahkan transaksi nasabah. Meski di malam hari nasabah tetap bisa melakukan transaksi. Dari mulai pengambilan uang tunai, mengetahui saldo sampai melakukan tranfer antar Bank.

IV. LANGKAH-LANGKAH MENANGANI PERUBAHAN
1. Pengadaan Peralatan
Agar perubahan bisa kita laksanakan, langkah pertama adalah mengadakan peralatan, jaringan On Line.
2. Pendidikan SDM
Setelah pengadaan barang, langkah berikutnya adalah mentrining karyawan agar bisa mengoperasikan peralatan tersebut. Sehingga pemanfaatan alat tersebut bisa optimal dan mengurangi resiko kesalahan ”Human Eror”.
3. Penyamaan Progaram dari kantor PD BPR BKK Pusat samapi kantor PD BPR BKK Cabang.
Agar mudah dalam komunikasi data maka harus segera dilakukan penyamaan program dari kantor pusat sampai seluruh kantor cabang.

V. MANFAAT
1. Pelaporan dari masing-masing kantor PD BPR BKK Cabang ke Kantor PD BPR BKK Pusat menjadi lebih cepat.
Yang terjadi saat sekarang pelaporan kantor cabang ke kantor pusat sering terhambat karena jaringan internet yang sering putus-putus. karena goegrafi wilayah kecamatan di kabupaten Kebumen ada yang di pegunungan.
2. Pelayanan Nasabah menjadi tidak terbatas.
dengan adanya program jaringan on line real time nasabah akan mudah transaksi ke kantor PD BPR BKK cabang terdekan.
3. Kecepatan Pelayanan terhadap Nasabah menjadi kompetitif
PD BPR BKK Kebumen yang saat ini kegiatan untuk pelayanan nasabah banyak dengan pola jemput Bola, yang akan menyita waktu karyawan dalam memberikan pelayanan nasabah. dengan jaringan on line real time karyawan akan bisa melayani beberapa nasabah.
4. Nasabah cabang PD BPR BKK yang satu bisa dilayani di cabang PD BPR BKK yang lain.
Seorang nasabah PD BPR BKK Kecamatan (A) bisa transaksi Kredit dan Tabungan di PD BPR BKK Kecamatan (B)

VI. KEUNTUNGAN FINANSIAL
1. Pelayanan Yang Cepat mengakselerasi perputaran uang yang cepat.
Dengan pelayanan yang cepat akan mengakselerasi perputaran uang, sehingga perputaran uang menjadi tinggi. Dengan perputaran uang yang tinggi maka keuntungan dari biaya administrasipun menjadi tinggi.
2. Akselerasi keuangan yang cepat akan meningkatkan laba.
Pelayanan yang cepat, akan memicu akselerasi keuangan menjadi cepat pula. Dengan akselerasi keuangan yang cepat maka keuntungan dari bunga menjadi semakin besar, sehingga bisa meningkatkan laba.

VII. KESIMPULAN
Dengan adanaya keuntungan –keuntungan dari rencana perubahan yang saya usulkan, baik dari sisi pelayanan kepada nasabah, kemudahan bekerja karyawan, keuntungan finansial dari administrasi dan bunga maka, usulan perubahan saya ini bisa dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *