METODOLOGI PENELITIAN

By | Oktober 1, 2009

RINGKASAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (IDIK4008)
Oleh : Muh Rosyid,S.Pd.,M.M.Pd.
Tutor UT-UPBJJ Purwokerto

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
 Setting Penelitian
 Subjek Penelitian
 Sumber Data
 Teknik dan Alat Pengumpulan Data
 Validasi Data
 Analisa Data dan Refleksi
 Indikator Kinerja
 Prosedur Penelitian
SETTING PENELITIAN
 Waktu Penelitian : pelaksanaan penelitian ini harus disesuaikan dengan jadwal pembelajaran dikelas yang diteliti, misal studi awal dilaksanakan tanggal ………….. Siklus 1 tanggal ……….. dst.
 Tempat penelitian : perlu disebutkan nama sekolah tempat mengajar, kelas berapa dan mata pelajaran apa yang akan diperbaiki/ dilakukan penelitiannya.
SUBYEK PENELITIAN
 Subyek penelitian adalah siswa yang menjadi sasaran penelitian mengenai proses belajar di kelas pada sekolah tertentu.
Misalnya : ada berapa orang siswa dikelas, terdiri dari berapa siswa laki-laki, berapa siswa perempuan.
SUMBER DATA
 Sumber data yang diperlukanadalah sumber data dari siswa sebagai subjek penelitian
 Sumber data lain berasal dari guru atau teman sejawat.
TEKNIK DAN ALAT PENGUMPULAN DATA
 Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melihat catatan/dokumen, wawancara, perekaman dan catatan lapangan.
 Alat pengumpulan data adalah sarana penelitian untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan data penelitian.
VALIDASI DATA
 Untuk menjamin keabsahan data dalam PTK perlu dilakukan Triangulasi, yaitu dengan sumber, metode, maupun teori. Dengan sumber yaitu membandingkan data hasil observasi teman sejawat dengan hasil observasi peneliti. Dengan metode yaitu membandingkan informasi pada setiap siklusnya. Dengan teori yaitu membandingkan data yang diperoleh, dengan teori yang terkait.
ANALISIS DATA DAN REFLEKSI
 Analisis data dilakukan dengan mengolah data dari dokumen, wawancara, perekaman dan catatan lapangan secara bersamaan. Data tersebut dikerjakan secara bertahap yaitu mulai dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan.
 Refleksi merupakan ciri PTK yang paling esensial yang dilakukan dengan cara mengingat kembali apa yang dikerjakan di kelas, apa dampak tindakan tersebut dan bagaimana guru mencoba memikirkan mengapa dampaknya seperti itu.
INDIKATOR KINERJA
 Indikator kinerja merupakan sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan terhadap prestasi yang diperlihatkan, untuk itu perlu adanya kriteria untuk mengukur keberhasilan. Kriteria itu berdasarkan pengalaman yang lalu.
PROSEDUR PENELITIAN
 Merencanakan (planning)
 Melakukan tindakan (acting)
 Mengamati (observing)
 Refleksi (reflecting)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *