MENAMBAH PELAYANAN KEPADA NASBAH PENSIUNAN DAN PNS BARU

By | September 6, 2009

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Inovasi Dan Perubahan
Dosen : MUH. ROSYID, S.Pd. M.M.Pd.

Disusun oleh :
Nama : Dwi Wahyuningsih
NIM : 060055392
Semester : VI (Enam)
E-mail : dwi_wahyuni11@yahoo.co.id

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )
PUTRA BANGSA
PROGRAM STUDY MANAJEMEN ( S 1 )
KEBUMEN
2009

MENAMBAH PELAYANAN PADA NASABAH
PENSIUNAN DAN PNS BARU

Lembaga keuangan yang sangat dekat dengan rakyat di kota dan kecamatan adalah PD BPR BKK Kab. Kebumen yang mempunyai cabang di masing – masing kecamatan yaitu Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kab. Kebumen.
Pada awalnya BPR(badan perkreditan rakyat) adalah Bank yang awalnya membantu masyarakat pedesaan agar tidak terlilit utang pada rentenir atau lintah darat, dan BPR ini pertama kali berdiri di Purwekorto tahun 1895 dengan modal dari masyarakat dan semakin berkembang karena sangat membantu masyarakat dan ada di bawah pengawasan Bank Indonesia (BI).
Sebagai Perusahaan Daerah PD BPR BKK Kab Kebumen yang memiliki fungsi utama sebagai pengerak laju perekonomian rakyat di kabupaten kebumen.Fungsi ini diplementasikan melalui berbagai produk layanan Perbankan yang difokuskan pada pasar menengah kebawah sebagai basis potensi ekonomi di daerah,para pelaku usaha kecil,pedagang pasar,dan pegawai merupakan segmen utama PD BPR BKK Kab Kebumen juga bertujuan menjadi sumber pendapatan asli Daerah.
Sebagai Perusahaan Perbankan yang memiliki basis dan segmen nasabah di daerah,produk Perbankan yang disediakan diupayakan dapat memediasi dan memfasilitasi semakin tumbuhnya dinamika ekonomi dalam masyarakat,sesuai fungsi utamanya menggalang dana masyarakat dan menyalurkanya kembali kepada masyarakat,maka PD BPR BKK Kab Kebumen menyediakan Produk layanan Perbankan berupa Tabungan,Deposito dan Kredit dengan layanan yang optimal agar mudah diakses ringan dalam persyaratan dan cepat dalam proses,serta memiliki manfaat berkelanjutan bagi setiap nasabahnya.
Seiring dengan berjalannya waktu serta persaingan yang semakin ketat maka terjadi suatu perubahan yang besar baik itu didunia perbankan,bisnis,politik,dan sosial.Perubahan adalahsatu-satunya hal yang tetap kanstan dalam suatau Perusahaan sampai tingkat tertentu berada dalam situasi perubahan secara terus menerus untuk bertahan dan berkembang dan Perusahaan harus selalu tumbuh ,berinovasi,mengembangkan produk baru dan mengembangkan serta mengubah metode praktek kerja sekalipun hal ini tidak terjadi secara suka rela. PD BPR BKK Kab Kebumen agar menjadi Bank yang profesional terdepan dan terpercaya.
PD BPR BKK Kab Kebumen Cab Petanahan memiliki tempat yang sangat strategis,dekat dengan perkantoran,sekolahan,dan pasar sehingga didaerah ini sangat potensi sekali terhadap perekonomian masyarakat petanahan sehingga banyak sekali bermunculan Bank-bank seperti Donamon,BMT,Bank Harian dll.mereka saling bersaing berebut nasabah dengan metode dan trik dalam memasarkan produk mereka.
Melihat hal ini saya mempunyai usulan untuk Menambah Layanan Masyarakat terutama untuk Pensiunan dan CPNS .Para Pegawai yang akan pensiun dan calon pegawai negri sipil agar bisa mengambil gajinya lewat PD BPR BKK Kab Kebumen di Wilayah cabang masing-masing kecamatan yang terdekat dengan wilayah kerjanya atau dekat dengan mereka tinggal/domisili,dengan harapan saling menguntungkan. Dimana para nasabah pensiunan dan calon pegawai negri bisa mengambil gajinya di PD BPR BKK Cabang terdekat,apabila belum sempat mengambil gajinya tidak perlu khawatir karena tidak terpancang waktu dalam mengambilnya ,karena gaji /uang nya sudah dimasukkan kerekening tabungan yaitu Tamades jadi boleh diambil kapanpun,semakin lama uang itu di tabung maka akan semakin banyak jumlahnya dan dijamin aman karena dijamin oleh lembaga penjamin simpanan.untuk melakukan perubahan tidaklah mudah karena kita harus mempunyai strategi
Memahami mekanisme dasar dari perubahan
Mengembangkan program perubahan
Menganalisis kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi perubahan
Memperoleh komitmen terhadap perubahan
Meningkatkan laju perubahan
Lankah yang saya tempuh
Menyampaikan gagasan atau Ide tersebut kepada Pimpinan Cabang dan menyampaikan kepada Direksi PD BPR BKK cab Kabupaten Kebumen.
Untuk mengadakan perubahan tentu butuh pengorbanan,waktu ,tenaga,pemikiran serta dana yang tidak sedikit.
PD BPR BKK Kab Kebumen harus bekerja sama yang baik dengan Instansi Pemerintah dan bekerja sama dengan PT Taspen
Meminta data para pegawai yang akan pensiun
Meminta data para pegawai yang usianya diatas 50 tahun
Meminta data CPNS yang akan diangkat jadi PNS
Mengadakan sosialisasi,motivasi dan memberikan keyakinan,kemantapan kepada para pensiunan dan CPNS dan
menguruskanya sampai menerima gaji/pensiunan.
Apabila semua ini bisa disetujui dan bisa diajak bekerja sama dengan Instansi yang terkait,maka akan saling menguntungkan bagi nasabah para Pensiunan dan PNS baru dan bagi PD BPR BKK Kab Kebumen.
Untuk mengadakan sosialisasi perubahan, PD BPR BKK Kab Kebumen kira –kira membutuhkan dana berapa,apabila dihadiri kurang lebih 200 orang dan dilaksanakan di Candisari Karanganyar
Sewa gedung dan sewa kursi serta perlengkapan Rp 1.500.000,00
Minuman dan snek Rp 6.500.00 x 200 orang = Rp 1.300.000,00
Makan siang Rp 12.500.00 x200 orang=Rp 2.500.000,00
Cadangan Rp 500.000,00

Jumlah Total biaya Rp 5.800.000,00

Kendala atau Hambatan
Suatu proses perubahan pasti ada hambatan,apalagi ini suatu proses perubahan yang baru yang mana banyak melibatkan Intansi dan orang banyak.apalagi sejak dari dulu para pensiunan dan PNS sudah terbiasa mengambil uangnya di Bank Umum yang sudah ditunjuk oleh PT Taspen atau diKantor pos.

Kesimpulan
Kita tidak boleh menyerah begitu saja,kita harus tlaten dan ulet menjadikan PD BPR BKK Kab Kebumen menjadi Bank yang profesional terdepan dan terpercaya.menjunjung program pemerintah dibidang ekonomi,keuangan dan industri Bank Perkreditan rakyat.
Menghasilkan produk produk unggulan yang memberikan kepuasan kepada para nasabah dan menumbuh kembangkan kepercayaan masyarakat dan memberi manfaat yang sebesar besarnya kepada para nasabah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *