KEPINDAHAN LOKET CEK FISIK DARI KANTOR SAMSAT

By | Februari 21, 2009

disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Perubahan & Inovasi yang diampu oleh dosen : MUH ROSYID, S.Pd.,M.M.Pd

Disusun oleh :
DWI ELROSID MAHIRUN
NIM. : 006055454

PROGRAM STUDI SI MANAJEMEN
STIE PUTRA BANGSA
KEBUMEN
2008
KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa ,karena hanya dengan Rahkmat dan Karunian-Nyalah penulis menyelesaikan tugas penyusunan makalah ini.
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Manajemen Inovasi dan Perubahan bagi mahasiswa pada program study Manajemen S1 tahun akademik 2008-2009 semester gasl di STIE PUTRA BANGSA Kebumen.

Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan informasi dan referensi dalam penyusunan makalah ini:
1. Bapak Muh. Rosyid.Spd.M.M.Pd dosen pengajar mata kuliah manajemen inovasi dan perubahan yang telah banyak memberikan bimbingan dorongan dan bekal pengetahuan serta petunjuk sehingga kami bisa menyusun makalah ini walaupun masih jauh dari sempurna.
2. Rekan-rekan mahasiswa yang telah membantu dan memberikan dorongan moril sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas penyusunan makalah ini.

Akhirnya penulis berharap semoga makalah yang cukup sederhana ini bisa memberikan manfaat bagi banyak pihak

Kebumen, Januari 2009
Penyusun.

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Sejalan dengan era reformasi perlu ditanggapi secara positif, khususnya terhadap organisasi-organisasi , badan / instansi pemerintah yang terkait langsung dengan pelayanan publik. Setiap organisasi dalam melaksanakan tugasnya tentunya harus sesuai dan sejalan dengan visi dan misi organisasi. Salah satu misi dari kantor samsat kebumen adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kantor samsat merupakan sistem administrasi manunggal satu merupakan wadah yang melaksanakan tugas secara bersama dari 3 (tiga) instansi yaitu Kepolisian, Dipenda dan Jasa Raharja yang menerbitkan surat – surat kendaraan bermotor, pemungutan pajak dan asuransi kecelakaan. Samsat merupakan instansi yang langsung berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

B. PERMASALAHAN
Dalam pelayanan kepada masyarakat umum khususnya pemilik kendaraan bermotor kantor samsat selalu berusaha mengupayakan pelayanan yang prima kepada mayarakat. Baik dalam mengadakan sarana maupun prasarana. Salah satu faktor yang menghambat / kurang memuaskan bagi para wajib pajak yaitu loket pelayanan cek fisik kendaraaan bermotor /CEK FISIK RANMOR.
Cek Fisik
Merupakan loket yang melayani para wajib pajak yang perpanjang STNK setelah lima tahun, mutasi dan kehilangan STNK Dulu loket pelayanan Cek Fisik Ranmor satu lokasi dengan kantor samsat, akan tetapi setelah pergantian Kapolres yang baru dan dengan kebijakannya maka kantor / loket pelayanan Cek Fisik dipindah ke kantor Min Lantas yang beralamat di jalan Pemuda Tepatnya di Polres Lama, dan dengan pindahnya loket pelayanan Cek Fisik banyak wajib pajak yang lima tahun kecelik kecewa.
Penambahan loket pelayanan Khusus.
Di ruang tunggu kantor samsat perlu adanya loket pelayanan khusus. Yaitu loket yang melayani para wajib pajak yang menginginkan informasi yang berkaitan dengan pajak kendataan bermotor.
Penambahan loket penetapan pajak.
Jumlah loket penetapan di kantor samsat satu sedangkan kasir pembayaran berjumlah dua tidak seimbang.

C. PEMBAHASAN
Untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan pajak kendaraan bermotor dan untuk lebih mengupayakan kepuasan para wajib pajak alangkah baiknya jika loket pelayanan cek fisik kembali kelokasi semula. Dengan kembalinya cek fisik ke lokasi semula diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada wajib pajak. Dengan adanya Loket khusus diharapkan mampu memberikan informasi lebih kepada para wajib pajak dan masyarakat berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor. Dan juga akan lebih meringankan beban petugas pendaftaran., karena selama ini banyak wajib pajak yang minta informasi tentang pajak kepada petugas pendaftaran dan hal ini sedikit mengganggu kelancaran petugas pendaftaran karena petugas pendaftaran bertugas menginput data kendaraan dan ini memerlukan konsentrasi yang agar tidak terjadi kesalahan. Dan jika petugas pendaftaran dalam melaksanakan tugas utamanya diselingi dengan memberikan informasi kepada wajib pajak maka pelayanan pandaftaran akan sedikit terganggu.

D. KESIMPULAN
Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemilik kendaran bermotor kepada pejabat yang berkepentingan hendaknya mempertimbangkan lagi kepindahan loket pelayanan cek fissik kendaran bermotor.
Penambahan loket pelayana khusus dan loket penetapan diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada wajib pajak kendaran bermotor, terutama dasaat nelonjaknya jumlah WP terutama setelah hari libur panjang.

E. PENUTUP.
Tingkat kepuasan masyarakat mencerminkan pelayanan yang prima suatu instansi/organisasi.

2 thoughts on “KEPINDAHAN LOKET CEK FISIK DARI KANTOR SAMSAT

  1. Legi

    PELAYANAN CHEK FISIK KEND BERMOTOR BOLEH DIPINDAH TEMPATNYA, TETAPI BEAYANYA BAGAIMANA ? MENURUT PENGALAMAN, PEMBAYARAN CHECK FISIK TIDAK DISERTAI DENGAN TANDA TERIMA / KWITANSI. ARTINYA SAMA JUGA DENGAN PUNGLI. LANTAS KEMANA LARINYA UANG TERSEBUT DAN BAGAIMANA PERTANGGUNG JAWABANNYA ?

    Reply
  2. Anonymous

    “”””PEMBAYARAN CHECK FISIK TIDAK DISERTAI DENGAN TANDA TERIMA / KWITANSI. ARTINYA SAMA JUGA DENGAN PUNGLI. LANTAS KEMANA LARINYA UANG TERSEBUT DAN BAGAIMANA PERTANGGUNG JAWABANNYA”””””

    ya tragedi itu menimpa pada diriku ini…..

    andai ada pendekar berwatak baik datang menumpaas kejahatan…. cek fisik kog ada kortingnya dari 75 jadi 50… klo aja bilang 500 tak bayar!!! eh malah diturunin lagi seharga kankung sebelas iket…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *