By | Agustus 4, 2011
PEMUTAKHIRAN DAN PEMETAAN DATA PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DAN POTENSI SUMBER KESEJAHTERAAN SOSIAL (PSKS)

KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2011

Pembangunan bidang kesejahteraan sosial adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dengan pembangunan nasional.
Sasaran utama pembangunan kesejahteraan sosial  adalah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), di samping itu juga memberdayakan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).
Salah satu permasalahan pokok yang dihadapi dalam pembangunan kesejahteraan sosial adalah masih tingginya jumlah PMKS yang belum tertangani, selain itu juga adanya tuntutan masyarakat agar penanganan PMKS terlaksanan semakin cepat, tepat, angkuntabel dan transparan.
Perumusan kebijakan, strategi, penyusunan program kegiatan serta penanganan PMKS sangat bergantung kepada ketersediaan data yang lengkap, valid dan akurat.
Setiap tahun Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kebumen melaksanakan pengumpulan serta pengolahan data PMKS dan PSKS.
Ketersediaan data menjadi sangat penting tidak saja diperlukan dalam penyusunan program tetapi bermanfaat pula sebagai indikator keberhasilan kinerja pembangunan kesejahteraan sosial bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun Pemerintah Kabupaten Kebumen. Di samping itu juga untuk mengetahui kecenderungan (trend) permasalahan kesejahteraan sosial yang muncul dan berkembang pada suatu wilayah pada kurun waktu tertentu.
Berkaitan dengan hal tersebut, pemutakhiran data kesejahteraan sosial setiap tahun matlak diperlukan.  Adanya keterbatasan dana pemerintah dan masih tingginya angka permasalahan kesejahteraan sosial  menuntut adanya ketepatan sasaran dan perlu disusunnya skala prioritas baik dalam penentuan prioritas program, jenis dan jumlah PMKS yang ditangani, maupun penetapan wilayah yang menjadi sasaran program.
Persoalan yang mendasar dalam penentuan skala prioritas sebagaimana tersebut  di atas adalah ketersediaan data baik data PMKS maupun PSKS yang berupa data agregat maupun data by name by address pada tiap Desa/Kelurahan.
Pelaksanaan Kegiatan Pendataan tahun 2011 merupakan Pemutakhiran Data tahun 2010, sehingga data by name by address yang telah tersedia di tingkat Desa/Kelurahan perlu diverifikasi melalui kegiatan Pemutakhiran Data dengan cara mengubah dan memperbaiki data.
Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bertugas dalam manajemen data dan bertanggung jawab terhadap pengumpulan, pengolahan, dan analisa penyebarluasan  data PMKS dan PSKS.
Dinas   Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kebumen mempunyai tanggung jawab  melaksanakan dan mengkoordinir kegiatan pengumpulan dan pengolahan data serta melaporkan hasil pendataan kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan melaporkan kepada Bupati Kebumen.
Kecamatan mengolah dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data PMKS dan PSKS di Desa/Kelurahan serta melaporkan hasil pendataan kepada  Dinas   Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kebumen.
Desa/Kelurahan bertanggung jawab mengumpulkan data nama-nama dan identitas lainnya penyandang masalah, potensi sumber kesejahteraan sosial kemudian diolah dan dilaporkan ke Kecamatan.
Dalam rangka pembangunan Kesejahteraan Sosial  yang terencana, terarah dan berkelanjutan dengan baik tentu memerlukan data dan informasi yang akurat, untuk itu Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kebumen pada hari Jumat, 29 Juli 2011 telah melakukan sosialisasi kepada para Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se Kabupaten Kebumen untuk mendapatkan petunjuk arahan dari Kepala Bidang Sosial (Muh Rosyid,S.Pd.,M.M.Pd), Kepala Seksi Bantuan Sosial (Sukarjana) dan Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial (Taryono) pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kebumen.
Dalam pemutahiran Data PMKS tahun 2011 tersebut telah dibagikan kepada para petugas berupa:
1.       Buku Panduan Pemutakhiran dan Pemetaan Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) tahun 2011.
2.       Buku Data Desa/Kelurahan PMKS dan PSKS tahun 2011 (warna biru muda).
3.       Rekapitulasi Desa/Kelurahan Data PMKS dan PSKS tahun 2011.
4.       Buku Rekapitulasi Kecamatan PMKS dan PSKS tahun 2011 (warna kuning).
5.       Buku Rekapitulasi Kabupaten/Kota PMKS dan PSKS tahun 2011 (warna merah muda/pink).
An. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial

Kabupaten Kebumen

Kepala Bidang Sosial

MUH ROSYID, S.Pd., M.M.Pd.

Pembina

NIP. 19590627 198303 1 005


Kunjungi kami :               
                                                    r3m1ck.us                          
                                                                              alternatedesign.asia                          
                                                                              gamespedia.org                       
                                                                onlyfor.info

                                                                tourismbestplace.com

                                                                filepython.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *